6 Cara Mudah Atasi Kantuk Ketika Berkendara

Segala sesuatu harus dijalankan dengan fokus terutama dalam mengendarai kendaraan di jalan raya. Meskipun banyak pikiran yang selalu menyelimuti disetiap perjalanan, namun kefokusan masih dinomorsatukan. Bukan lagi soal kewajiban, namun bersangkutan dengan keselamatan pengendara.

Sedikit banyaknya keuntungan ketika membawa kendaraan pribadi ketika menjalankan rutinitas. Selain bisa menikmati waktu dan lebih tenang, tentunya mengendarai kendaraan pribadi bisa lebih rileks karena tidak berdesakan ketika naik angkutan umum, dan tidak harus menunggu lama ketika naik taksi.

Siapa sangka bila ngantuk bisa datang kapan saja, hal ini berlaku bagi para pengendara perjalanan jauh dan menjadi alasan untuk persiapan yang lebih matang. Namun, juga dapat dirasakan bagi para pengendara perjalanan jarak dekat. Dengan begitu kesiapan perlu untuk diperhatikan, agar dapat terhindar dari bahaya yang tidak diinginkan. Beberapa cara mudah yang bisa dilakukan, diantaranya:

  1. Mendengarkan Lagu

1.jpgYah memang bila keasyikan mendengarkan lagu saat berkendara, dikhawatirkan melupakan bunyi klakson atau tanda lain yang juga dapat mengakibatkan kerugian bagi si pengguna jalan lainnya dan pengemudi. Dengan begitu mendengarkan lagu sesuai porsi. Tidak terlalu pelan, dan tidak terlalu kencang. Selain bisa merasakan karaoke secara bebas tentunya juga masih bisa memperhatikan keadaan di jalan.

  1. Makan Permen

2.jpgSedia permen juga sangat penting. Cemilan murah bagi pengemudi dan aman serta tidak menganggu ketika mengemudikan kendaraan bagi pengguna kendaraan roda empat maupun roda dua. Hal ini berguna untuk menjaga kefokusan pengemudi agar tidak terasa kantuk atau sebagai perefleksi penat.

  1. Minum

3.jpgBisa dilakukan disela-sela kemacetan atau sedang berada di traffic light, namun bila sedang berada di jalan disarankan untuk berhenti ke bahu jalan dan tidak mengganggu pegguna jalan lainnya.

  1. Nge-Check HandPhone

4.jpgSelain mengetahui notifikasi apa saja yang ada di dalam handphone, tentunya bisa mengatasi kengantukan para pengendara. Bila memainkan handphone disarankan untuk berhenti di tempat yang aman agar tidak mengundang kejahatan dan tidak disarankan memainkan handphone ketika berkendara. Tak hanya melanggar aturan, tentunya juga membahayakan.

  1. Mampir ke Musholla

5.jpgBila mengantuk dan bertepatan sudah memasuki waktu sholat atau bagi pengendara yang belum sempat sholat, ada baiknya untuk berhenti di musholla terdekat. Selain bisa mengembalikan rasa kantuk, juga menyelesaikan tanggungan untuk beribadah sebagai umat beragama.

  1. Ajak Ngobrol Teman

6.jpgBagi pengendara yang berdua atau ber-beberapa bisa mengajak mengobrol koleganya ketika berkendara, namun tetap memperhatikan keadaan di sekitar, agar tidak ugal-ugalan karena asyik bersenda gurau.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s